Yesaya 6:9
Konteks6:9 Kemudian firman-Nya: "Pergilah, i dan katakanlah kepada bangsa ini 1 : Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: j jangan!
Yesaya 29:9-14
KonteksYesaya 56:10
Konteks56:10 Sebab pengawal-pengawal h umat-Ku adalah orang-orang buta 3 , mereka semua tidak tahu apa-apa; i mereka semua adalah anjing-anjing bisu, tidak tahu menyalak; mereka berbaring melamun dan suka tidur j saja;
Yeremia 4:22
Konteks4:22 "Sungguh, bodohlah m umat-Ku itu, mereka tidak mengenal Aku! n Mereka adalah anak-anak tolol, dan tidak mempunyai pengertian! o Mereka pintar untuk berbuat jahat, p tetapi untuk berbuat baik q mereka tidak tahu."
Yeremia 5:21
Konteks5:21 "Dengarkanlah ini, hai bangsa u yang tolol dan yang tidak mempunyai pikiran, yang mempunyai mata, v tetapi tidak melihat, yang mempunyai telinga, tetapi tidak mendengar! w
Yehezkiel 12:2
Konteks12:2 "Hai anak manusia, engkau tinggal di tengah-tengah kaum pemberontak 4 , z yang mempunyai mata untuk melihat, tetapi tidak melihat dan mempunyai telinga untuk mendengar, tetapi tidak mendengar, sebab mereka adalah kaum pemberontak. a
Matius 13:14-15
Konteks13:14 Maka pada mereka genaplah c nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. 13:15 Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka. d
Matius 15:14-16
Konteks15:14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. y Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang. z " 15:15 Lalu Petrus berkata kepada-Nya: "Jelaskanlah perumpamaan itu kepada kami. a " 15:16 Jawab Yesus: "Kamupun masih belum dapat memahaminya? b
Matius 23:16-24
Konteks23:16 Celakalah kamu, hai pemimpin-pemimpin buta, d yang berkata: Bersumpah demi Bait Suci, sumpah e itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat. 23:17 Hai kamu orang-orang bodoh dan orang-orang buta, apakah yang lebih penting, emas atau Bait Suci yang menguduskan f emas itu? 23:18 Bersumpah demi mezbah, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi persembahan yang ada di atasnya, sumpah itu mengikat. 23:19 Hai kamu orang-orang buta, apakah yang lebih penting, persembahan atau mezbah yang menguduskan g persembahan itu? 23:20 Karena itu barangsiapa bersumpah demi mezbah, ia bersumpah demi mezbah dan juga demi segala sesuatu yang terletak di atasnya. 23:21 Dan barangsiapa bersumpah demi Bait Suci, ia bersumpah demi Bait Suci dan juga demi Dia, yang diam h di situ. 23:22 Dan barangsiapa bersumpah demi sorga, ia bersumpah demi takhta Allah dan juga demi Dia, yang bersemayam di atasnya. i 23:23 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan j dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. k Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. 23:24 Hai kamu pemimpin-pemimpin buta, l nyamuk kamu tapiskan dari dalam minumanmu, tetapi unta yang di dalamnya kamu telan.
Markus 8:17-18
Konteks8:17 Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah q hatimu? 8:18 Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? Tidakkah kamu ingat lagi,
Yohanes 7:47-49
Konteks7:47 Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka: "Adakah kamu juga disesatkan? q 7:48 Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, r atau seorang di antara orang-orang Farisi? 7:49 Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!"
Yohanes 9:39
Konteks9:39 Kata Yesus: "Aku datang ke dalam dunia d untuk menghakimi, e supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, f dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta. g "
Yohanes 9:41
Konteks9:41 Jawab Yesus kepada mereka: "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu. i "
Yohanes 12:40
Konteks12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehingga Aku menyembuhkan mereka. i "
Roma 2:17-23
KonteksRoma 11:7-10
Konteks11:7 Jadi bagaimana? Israel tidak memperoleh k apa yang dikejarnya, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya. Dan orang-orang yang lain telah tegar hatinya 5 , l 11:8 seperti ada tertulis: "Allah membuat mereka tidur nyenyak, memberikan mata untuk tidak melihat dan telinga untuk tidak mendengar, m sampai kepada hari sekarang ini. n " 11:9 Dan Daud berkata: "Biarlah jamuan mereka menjadi jerat dan perangkap, penyesatan dan pembalasan bagi mereka. 11:10 Dan biarlah mata mereka menjadi gelap, sehingga mereka tidak melihat, o dan buatlah punggung mereka terus-menerus membungkuk. p "
Roma 11:25
KonteksRoma 11:2
Konteks11:2 Allah tidak menolak umat-Nya d yang dipilih-Nya. e Ataukah kamu tidak tahu, apa yang dikatakan Kitab Suci tentang Elia, waktu ia mengadukan Israel kepada Allah:
Kolose 3:14-15
Konteks3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, z sebagai pengikat yang mempersatukan a dan menyempurnakan. 3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus b memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah c kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. d Dan bersyukurlah.
Kolose 4:4
Konteks4:4 Dengan demikian aku dapat menyatakannya, sebagaimana seharusnya.
[6:9] 1 Full Life : PERGILAH, DAN KATAKANLAH KEPADA BANGSA INI.
Nas : Yes 6:9
Allah memberi tahu Yesaya bahwa umat itu akan menolak beritanya dan tetap acuh tak acuh terhadap panggilan sang nabi untuk bertobat; pemberitaan Yesaya bahkan akan membuat hati umat itu makin memberontak kepada Tuhan (ayat Yes 6:9-10; bd. Mat 13:14-15; Mr 4:12; Luk 8:10). Sekalipun demikian, Yesaya harus dengan setia memberitakan berita hukuman yang tidak populer itu (bd. Yer 1:8,19; Yeh 2:3-4). Akan tetapi, ada batas pada pelayanan ini yang meremukkan hati. Hukuman yang dilaksanakan melalui Sanherib pada tahun 701 SM (ayat Yes 6:11-12) akan membawa Yerusalem kepada iman dan ketaatan (Yes 36:21; 37:7); sebagai akibat Yesaya akan dapat mempunyai pelayanan yang baru sepanjang 15 tahun yang dianugerahkan kepada Raja Hizkia (Yes 38:5).
[29:13] 2 Full Life : HATINYA MENJAUH DARIPADA-KU.
Nas : Yes 29:13
Umat Allah menghampiri Dia di dalam doa, ibadah, nyanyian dan pujian, sekalipun hati mereka tidak mengabdi kepada Dia atau perintah-perintah-Nya. Mereka bertindak seakan-akan penyataan Allah dan standar-standar kebenaran-Nya itu tidak mengikat. Sebagai ganti menaati Allah dan firman-Nya, mereka mengisi hidup mereka dengan upacara keagamaan dan tradisi yang diajarkan oleh pemimpin mereka, dan dengan rasa aman yang palsu mereka hidup untuk diri sendiri (bd. Yer 4:3-4; 24:7; 31:31-34). Keadaan rohani yang merusak seperti itu terjadi di beberapa gereja dewasa ini. Orang memuji dan memuliakan Allah dengan bibir mereka, sedangkan mereka tidak sungguh-sungguh mengasihi Allah atau ketetapan-ketetapan-Nya yang benar. Ketika kebaktian mereka selesai, mereka mencari kesenangan dosa dan dunia untuk memuaskan keinginan duniawi mereka
(lihat cat. --> Mr 7:6;
lihat cat. --> Mr 7:8);
[atau ref. Mr 7:6,8]
hasilnya ialah kebutaan rohani dan penipuan diri (ayat Yes 29:14).
[56:10] 3 Full Life : PENGAWAL-PENGAWAL ... ADALAH ORANG-ORANG BUTA.
Nas : Yes 56:10-12
Allah mengutuk para pemimpin dan imam Israel yang korup, karena mereka tidak mengenal firman-Nya, serakah akan keuntungan yang mementingkan diri dan tidak dapat meninggalkan minuman beralkohol.
[12:2] 4 Full Life : KAUM PEMBERONTAK.
Nas : Yeh 12:2
Yehuda menolak untuk percaya bahwa Allah akan membinasakan Yerusalem dan menyisihkan raja dari keturunan Daud. Karena mereka adalah umat pilihan Allah, mereka merasa Tuhan akan tetap melindungi mereka kendatipun perbuatan berdosa mereka. Karena itulah Tuhan menugaskan Yehezkiel untuk menjadi tanda bagi bangsa itu (ayat Yeh 12:6), serta melukiskan dalam tindakan simbolik apa yang akan dialami bangsa itu sebagai akibat dari pemberontakan mereka; di sini Yehezkiel memberikan dua pertunjukan dramatis lagi (ayat Yeh 12:3-7 dan ayat Yeh 12:17-20) mengenai hukuman Allah yang akan datang atas bangsa Yehuda.
[11:7] 5 Full Life : ORANG-ORANG YANG LAIN TELAH TEGAR HATINYA.
Nas : Rom 11:7
Lihat cat. --> Rom 9:18
[atau ref. Rom 9:18]
mengenai pengerasan hati.
[11:25] 6 Full Life : JUMLAH YANG PENUH DARI BANGSA-BANGSA LAIN.
Nas : Rom 11:25
Ungkapan ini menunjukkan penggenapan maksud Allah untuk memanggil ke luar suatu umat dari antara orang bukan Yahudi (Kis 15:14). Mungkin ayat ini juga berhubungan dengan saat di mana kejahatan mereka sudah penuh, yaitu ketika dosa di dunia ini mencapai tingkat tertinggi dalam pemberontakan terhadap Allah (bd. Kej 15:16). Pada saat itu Kristus akan datang untuk menghakimi dunia (Luk 21:24,27; bd. Kej 6:5-7,11-13; 18:20-33; 19:24-25; Luk 17:26-30).